Kamis, 10 Februari 2011

Ada Apanya KULIT MANGGIS

Menurut Dr Berna Elya Apt Msi, dari Departemen Farmasi Matematika dan Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, kulit manggis kaya akan xanthone.  Xanthone ditemukan pertama kai oleh Schmid W Liebigs, Ilmuwan Jerman pada tahun 1855 itu dikenal sebagai antioksidan tingkat tinggi.  Kandungan antioksidan kulit manggis 66,7 kali wortel dan 8,3 kali jeruk, tutur Dr Ir Raffi Paramawati.  Konsumsi xanthone 30 hari berturut-turut diklaim membuat wajah lebih muda.  Ia pun di klaim sebagai antikanker.

Raffi menyebut kulit manggis mengandung antioksidan 17.000 - 20.000 orac per 100 ounce.  Bandingkan dengan sayuran dan buah berkadar antioksidan tinggi seperti wortel dan jeruk yang masing-masing hanya 300 orac dan 2.400 orac.  Orac-oxygen radical absorbance capacity-ialah kemampuan antioksidan menetralkan radikal bebas penyebab penyakit degeneratif seperti jantung, stroke, dan kanker.

Berna menyebutkan xanthone memiliki gugus OH yang efektif mengikat oksigen bebas yang tidak stabil di dalam tubuh.  Oksigen tersebut disebut juga radikal bebas perusak sel tubuh.  Makanya xanthone menghambat proses degenerasi (kerusakan).  Yang unik xanthone juga merangsang regenerasi (pemulihan) sel rusak dengan cepat ssehingga membuat awet muda.

Penelitian Yukihiro Akao dari Institut Bioteknologi Gifu, Jepang yang dipublikasikan pada Maret 2008 menyebutkan xanthone dalam kulit manggis efektif mengatasi sel kanker.  Menurutnya, mangostin senyawa dalam kelompok xanthone membunuh sel kanker dengan mekanisme apoptosis ( bunuh diri sel ).  Senyawa mangostin memaksa sel memuntahkan cairan dalam mitokondria sehingga sel kanker mati.  Mangostin mengaktifkan sistem kekebalan tubuh dengan merangsang sel pembunuh alami ( natural killer cel alias NK cell) dalam tubuh.  NK cell itulah yang secara alami bertugas dalam tubuh manusia membunuh sel kanker dan virus yang masuk.  Perpaduan daging dan kulit buah sangat baik, rasa buah manis dan segar, tapi kadar xanthone lebih sedikit daripada kulit.  Sebaliknya kulit lebihkaya xanthone tapi rasanya pahit.  Pencampuran keduanya menjadikan jus yang enak dan kaya xanthone.

1 komentar:

  1. Wah.. ternyata kulit manggis mengandung antioksidan yang menetralkan radikal bebas penyebab penyakit degeneratif seperti jantung, stroke, dan kanker.

    bisnis pulsa ppob

    BalasHapus