Selasa, 08 Februari 2011

CARA MENGOLAH KELADITIKUS AGAR BERKHASIAT


Menurut dr William Adi Teja Mmed, sifat hangat dan pedas keladitikus berefek buruk bagi tubuh yang kering  Oleh karena itu, orang yang gampang haus dan penderita diabetes dilarang mengkonsumsi keladitikus.
 Beliau mewanti-wanti tanaman obat dari keluarga Banxia hampir semua beracun.  Oleh karena itu mesti berhati-hati dalam pengolahannya.  Akar dan umbi keladi tikus direndam air selama 7 hari, kemudian direndam kembali dengan air rebusan jahe.  Akar itu kemudian dipanaskan dengan uap sulfur.  Hasilnya, akar dan umbi keladitikus yang tadinya berwarna putih menjadi kuning terang.  Setelah itu, umbi dan akar itu dikeringkan dan dikonsumsi.  Cara lain dengan langsung mengkonsumsi jahe segar sesudah minum jus keladitikus, sebab antioksidan jahe menetralisir racunnya atau gunakan madu untuk menetralisir efek gatal dari keladitikus.
Jika pengolahan tidak benar, gejala keracunan seperti nadi melemah, mual, dan muntah bakal menyerang segera  setelah konsumsi.  Efek lain, gatal.  Terutama orang yang alergi dengan jenis racun yang terkandung dalam keladitikus.  “Padahal racun itu zat utama pengerat kanker”.
Jika usai mengkonsumsi keladitikus, perut mual tak perlu kuatir.  Mual akan diikuti diare, hal lumrah. Itu pertanda obat tengah bekerja, hal itu hanya berlangsung 1-2 hari.  Oleh karena itu tetaplah mengkonsumsi keladitikus namun jik a muntah sebaiknya kurangi dosisnya.  Yang pastiperempuan hamil dilarang mengkonsumsi keladitikus.

2 komentar:

  1. kalau penderita kanker yang juga penderita diabetes,berarti gag boleh untuk konsumsi keladi tikus??
    lalu bagai mana??

    BalasHapus
  2. Kalau penderita kanker hidung,, bleh nggak mengkonsumsi keladi tikus

    BalasHapus